26
Nov
10

Cara buat blog di wordpress (2)

Ok…kita lanjut lagi. Setelah kita berhasil membuat account di wordpress (jika belum buat, silahkan lihat artikel pertama disini), maka hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah memilih tema (themes).
BLOG BLOGGER BLOGSPOT WORDPRESS WP COM ORG CARA BUAT MEMBUAT BIKIN TIPS TRIK INSTALL PASANG POST PAGE BEDA LINK STATIS DINAMIS GAMBAR STEP LANGKAH THEME
Coba kamu liat di sidebar kiri setelah kamu login. Cari tulisan appearance (kalo ga ada coba di klik tanda panah kebawah disamping tulisan appearance) lalu pilih themes. Mengapa themes dulu yang kita pilih? Karena jika kita sudah menulis segala macem lalu kita ganti themes nya, bisa jadi tulisan kita berantakan karena themes tidak cocok/compatible ama theme default.
.
.

Nah…setelah kamu memilih theme, klik preview jika kamu ingin melihat dulu jadinya ntar seperti apa. Atau langsung aja activate. Masing2 theme punya standar sendiri. Contohnya  2 side column, fixed width, dll. Pilih sesuai dengan selera kamu. Kalo theme yang saya gunakan adalah Bueno dg 2 side column.

Setelah kamu pilih themes, silahkan berkreasi sesuka kamu. Banyak sebenarnya yang bisa dibahas disini, namun yang saya coba bahas diawal adalah POSTS dan PAGES. Kamu dapat menulis artikel yang menarik, unek2, curhat, dll serta menambahkan gambar atau link di post atau pages. Lalu apa bedanya post dan page? Bedanya (setau saya) adalah begini :

Post itu dinamis. Dalam blog ini saya gunakan untuk memberikan informasi yang singkat. Misalkan ketika ada kerudung brokat yang baru, Maka saya buat informasi di post seperti : KERUDUNG BROKAT motif baru sudah tersedia!!! Atau saya nulis artikel tentang balita, saya tulis di post. Post hanya dapat digunakan di halaman home/beranda. Masing2 post dapat diberi komentar oleh pengunjung.
Sedangkan page itu statis.  Jadi saya tampilkan produk2 saya di page.

Untuk jelasnya dalam hal mengenai page, coba kamu lihat di halaman atas. Dalam blog ini saya membuat beberapa page yaitu : ABOUT US, PRODUK, RESELLER dan F.A.Q. Dari masing2 page tsb bisa saya buat lagi sub page. Contoh : coba kamu arahkan mouse ke page “PRODUK” (tapi jangan di klik). Ntar muncul sub-page yaitu : kerudung PASHMINA, kerudung BROKAT, dll.



Untuk membuat post atau page, klik add new.



Kemudian muncul tampilan seperti diatas. Silahkan kamu isi judul post dan teks. Jika sudah, tekan publish. Maka postingan kamu akan beredar deh.



Bagaimana dengan pages? Sebenarnya sama saja sih. Cuma ntar begitu kamu tulis judul di pages, maka judul tersebut tampil dihalaman bagian atas. Pages yang saya buat adalah : BERANDA (Kalo ini otomatis dari sononya), ABOUT US, PRODUK, RESELLER, F.A.Q (Mungkin nanti mo saya rubah lagi).




Lalu untuk membuat sub-pages, kamu bisa rubah di bagian parent. Untuk lebih jelasnya, saya kasih contoh seperti ini :

Pertama, saya buat page dengan judul PRODUK. Lalu bagian parentnya kosongin aja (atau pilih no parent). Kemudian saya buat lagi page KERUDUNG PASHMINA dan saya pilih parentnya PRODUK. Maka otomatis page KERUDUNG PASHMINA akan menjadi sub-page dari page PRODUK.

Silahkan berkreasi dulu. Banyak sebenarnya yang bisa dibahas. Namun pembahasan saya pun disesuaikan dengan komentar anda. Jika misalnya banyak komentar untuk meminta cara memasukkan gambar, maka topik itu yang saya coba untuk bahas. SELAMAT MENCOBA!!!



0 Responses to “Cara buat blog di wordpress (2)”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

