25
Nov
10

Cara buat blog di WordPress

Kawan2, sekarang saya coba sharing tulisan mengenai cara membuat blog wordpress. Banyak sekali artikel mengenai cara membuat blog, namun ga ada salahnya kalo saya ikut nimbrung…mudah2an bisa saling melengkapi.

Ok, first of all…mengapa kudu membuat blog? Jawabannya tentu karena GRATIS!!! Kalo mo buat website tentunya kudu bayar (walaupun ada juga yang gratis…cuma ntar aja deh bahasnya). Nah, ada beberapa pilihan blog…cuma yang terkenal (lebih tepatnya yang saya ketahui) ada 2 yaitu blogspot dan wordpress. Perbedaan yang saya ketahui diantara kedua blog ini adalah :

  1. Blogspot mendukung Javascript, sedangkan wordpress tidak. Kalo untuk pemula seperti saya, ga usah mikirin dulu deh Javascript!🙂
  2. Untuk data trafik pengunjung, wordpress lebih bagus ketimbang blogspot. Di blogspot bisa aja, cuma kudu pasang widget

Jadi intinya : UDAH DEH BUAT MAKE WORDPRESS AJA!!!

Nah…wordpress sendiri yang gw kenal ada 2, yaitu wordpress.com (suka disebut wordpress gratisan) dan wordpress.org atau WP selfhost (sebenarnya gratis, cuma kudu make hosting segala). Dan yang gw bahas sekarang adalah WP yang gratisan. Bedanya di WP yang gratisan ga mendukung Javascript dan juga Plugin. Cuma ga ada masalah, yang penting kita belajar n belajar dulu. Ntar kalo dah semakin paham juga bakal mikir untuk migrasi ke WP self hosting.

Jadi sudah cukup mengenai penjelasan WP nya ya? Nah, sekarang kita coba untuk mendaftar WP gratisan. Watch Carefully !!!

Buka situs WP nya (WWW.WORDPRESS.COM). Ntar muncul layar seperti ini. Kemudian pilih “SIGN UP NOW” di pojok sebelah kanan.
.
.

Kemudian isi form dengan lengkap (lihat gambar). Setelah kamu isi dengan lengkap, lalu klik “SIGN UP” di bagian bawah. Jika kamu isi dengan benar, entar ada tulisan yang menyatakan bahwa kamu harus ngecek email dan aktivasi dari sana. Soo…silahkan buka email kamu.
.
.

Nahh…setelah WP nya aktif, kamu bisa langsung menggunakannya. Kalo kamu bakal sering login, ada baiknya untuk membuat bookmark sehingga kalo mau login tinggal klik aja. Silahkan buka “https://en.wordpress.com/wp-login.php” (tampilannya seperti gambar diatas) lalu drag ke bookmark toolbars. Jika toolbarsnya belum ada, masuk ke menu VIEW > TOOLBARS > BOOKMARK TOOLBAR.

.
.

Jika sudah, silahkan login dan masukkan username dan passwordnya. Maka tampilan blog anda akan seperti gambar diatas.
Semoga cukup jelas yah? Jika ada pertanyaan silahkan beri komentar. Artikel selanjutnya adalah cara posting dan pengaturan blog. AS SOON AS POSSIBLE


3 Responses to “Cara buat blog di WordPress”


  1. 1 segaf
    November 25, 2010 pukul 12:42 pm

    thanks banget infonya sangat membantu
    ditunggu postingan selanjutnya y.,,
    😀😀😀😀😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: